Minggu, 08 November 2009

Jenis Usaha dan kegiatan ekonomi di Indonesia

I. JENIS - JENIS USAHA DALAM BIDANG EKONOMI
Pengertian usaha dalam bidang ekonomi adalah suatu tindakan atau kegiatan manusia yang bertujuan untuk memenuhi kebutuhan hidupnya, baik kebutuhan hidup untuk diri sendiri maupun untuk keluarga.
Dalam menjalani kehidupan, manusia membutuhkan berbagai jenis dan macam barang-barang dan jasa untuk memenuhi kebutuhannya. Manusia sejak lahir hingga meninggal dunia tidak terlepas dari kebutuhan akan segala sesuatunya. Untuk mendapatkan barang yang dibutuhkan diperlukan pengorbanan untuk mendapatkannya.

Di bawah ini akan diberikan jenis, macam aneka ragam definisi atau pengertian dari tiap-tiap kebutuhan manusia selama hidupnya di dunia :

A. Kebutuhan Manusia Berdasarkan Tingkat Kepentingan / Prioritas

1. Kebutuhan Primer adalah kebutuhan yang benar-benar amat sangat dibutuhkan orang dan sifatnya wajib untuk dipenuhi. Contohnya adalah seperti sembilan bahan makanan pokok / sembako, rumah tempat tinggal, pakaian, dan lain sebagainya.

2. Kebutuhan Sekunder adalah merupakan jenis kebutuhan yang diperlukan setelah semua kebutuhan pokok primer telah semuanya terpenuhi dengan baik. Kebutuhan sekunder sifatnya menunjang kebutuhan primer. Misalnya seperti makanan yang bergizi, pendidikan yang baik, pakaian yang baik, perumahan yang baik, dan sebagainya yang belum masuk dalam kategori mewah.

3. Kebutuhan Tersier / Mewah / Lux adalah kebutuhan manusia yang sifatnya mewah, tidak sederhana dan berlebihan yang timbul setelah terpenuhinya kebutuhan primer dan kebutuhan skunder. Contohnya adalah mobil, antena parabola, pda phone, komputer laptop notebook, tv 50 inchi, jalan-jalan ke hawaii, apartemen, dan lain sebagainya.

B. Kebutuhan Manusia Berdasarkan Sifat

1. Kebutuhan Jasmani / Kebutuhan Fisik adalah kebutuhan yang berhubungan dengan badan lahiriah atau tubuh seseorang. Contohnya seperti makanan, minuman, pakaian, sandal, pisau cukur, tidur, buang air kecil dan besar, dan lain sebagainya.

2. Kebutuhan Rohani / Kebutuhan Mental adalah kebutuhan yang dibutuhkan seseorang untuk mendapatkan sesuatu bagi jiwanya secara kejiwaan. Contohnya seperti mendengarkan musik, siraman rohani, beribadah kepada Tuhan YME, bersosialisasi, pendidikan, rekreasi, hiburan, dan lain-lain.

C. Kebutuhan Manusia Berdasarkan Waktu

1. Kebutuhan Sekarang adalah kebutuhan yang benar-benar diperlukan pada saat ini secara mendesak. Contoh adalah kebelet pipis, makan karena sangat lapar, pengobatan akibat kecelakaan, dan lain sebagainya.

2. Kebutuhan Masa Depan adalah kebutuhan yang dapat ditunda serta dipenuhi di lain waktu di masa yang akan datang. Contoh yaitu pergi haji, pendidikan tinggi, pahala untuk bekal akherat, membeli mobil toyota yaris terbaru, dan lain sebagainya.

D. Kebutuhan Manusia Berdasarkan Subjek / Subyek Penggunanya

1. Kebutuhan Individual / Individu adalah jenis kebutuhan yang dibutuhkan oleh orang perseorangan secara pribadi. Contohnya adalah sikat gigi, menuntut ilmu, sholat lima waktu, makan, dan banyak lagi contoh lainnya.

2. Kebutuhan Sosial / Kolektif adalah kebutuhan akan berbagai barang dan jasa yang digunakan untuk memuaskan kebutuhan sosial suatu kelompok masyarakat. Contohnya adalah jalan umum, penerangan tempat umum, berserikat mengeluarkan pendapat, berbisnis, berorganisasi, dan lain-lain.
Hidup Kita Bergantung pada Alam
Kehidupan kita sebagai manusia sangat bergantung pada alam. Makanan yang kita makan sehari-hari merupakan hasil dari pengolahan sumber daya alam. Nasi yang menjadi makanan pokok kita asalnya juga dari lahan pertanian subur yang digarap PETANI. Begitu juga dengan buah-buahan, sayuran, daging, susu dan ikan sebagai sumber protein dan energi lainnya. semuanya berasal dari alam.
Pakaian yang kita pakai, bahannya berasal dari kapas yang ditanam dilahan perkebunan. Sepatu yang kita pakai berasal dari kulit binatang yang hidup di alam.
Hasil kerajinan tangan seperti kain, ukiran, tembikar juga bahannya berasal dari alam.
Begitu juga dengan bahan bangunan rumah, seperti batu, bata, pasir, kayu dan genting semuanya berasal dari alam.

Sebagian besar kegiatan ekonomi diseluruh Indonesia, seperti perdagangan, pertanian, peternakan, kehutanan, perikanan, pertambangan dan perindustrian terkai dengan sumber daya alam.
Kegiatan ekonomi Indonesia berkembang karena ada upaya manusia untuk mengolah dan memanfaatkan semua sumber daya alam yang dimilikinya.


" Kita harus menghargai kegiatan setiap orang dalam berusaha" . Misalnya dengan tidak mencibir pemulung atau pekerja kasar lainnya. karena mereka juga manusia yang sama-sama mempunyai kesempatan berusaha.

a. Pertanian
Jenis usaha yang mengolah tanah untuk ditanami dengan satu atau berbagai jenis tanaman. Jenis usaha pertanian ini disebut juga Agraris yaitu usaha bidang agraris merupakan kegiatan produksi yang menggunakan kegiatan produksi yang menggunakan lahan tanah sebagai faktor produksi utama.
Jenis usaha pertanian banyak terdapat di pedesaan karena masih banyak tanah yang dapat diolah untuk usaha pertanian.
Usaha pertanian dapat menghasilkan bahan pangan yang langsung dapat menghasilkan bahan pangan yang langsung dapat dikonsumsi . Misalnya ; padi, jagung, daging, umbi-umbian, sayur-mayuran dan buah-buahan.
Penduduk yang mengolah tanah untuk usaha pertanian disebut Petani.

b. Industri

Pengertian industri :

  • Jenis usaha yang mengolah bahan mentah menjadi barang jadi
  • mengolah bahan mentah menjadi bahan setengah jadi
  • bahan setengah jadi menjadi barang jadi

Bentuk-bentuk industri :

  1. Industri yang berskala kecil disebut industri kecil atau home industry . Contoh : pengrajin sepatu, mebel, alat-alat rumah tangga, goreng bawang merah, tahu dan tempe.

  2. Industri yang bermodal besar dan memiliki banyak tenaga kerja disebut industri berskala besar. Contoh: perusahaan tekstil, mobil, semen, eletronik.

c. Perdagangan

Jenis usaha yang menjual barang-barang hasil produksi dari suatu perusahaan kepada pengusaha lain atau pemakai barang.

Penghasil barang kadang kala tidak langsung menjual hasil produksinya sendiri tetapi dijual lewat perantara yaitu PEDAGANG

Jenis usaha perdagangan misalnya perdagangan beras, sandang, hewan, bahan bangunan dan makanan.

d. Jasa


Jenis usaha yang tidak membuat/menghasilkan barang , tetapi lebih menitikberatkan pada pelayanan terhadap konsumen.

Jenis usaha ini lebih mengutamakan keahlian atau keterampilan juga tenaga .

Contoh usaha jasa : guru, dokter, paramedis, pekerja bengkel, perusahaan asuransi, bank, wartel, perusahaan angkutan .

Usaha jasa harus dikelola secara profesional karena jika tidak maka konsumen atau pengguna jasa tidak mau membeli jasa yang ditawarkan.

Cara Menghargai kegiatan setiap Orang dalam Berusaha :

1. Tidak mencampuri urusan pribadi satu sama lainnya; Biarkanlah seseorang berusaha sesuai dengan kemampuan dan keterampilan yang dimiliki. misalnya seseorang yang mampu membuka bengkel sepeda, tidak perlu diusik agar mau mendirikan usaha menjahit.

2. Ber saing yang sehat ; Setiap pengusaha tentu ingin memperoleh keuntungan yang banyak dengan modal yang sedikit. Salah satu cara yang ditempuh adalah mengadakan promosi, didalam promosi tidak boleh menjelek-jelekkan barang milik orang lain.

KEGIATAN EKONOMI di perusahaan dapat dikelompokan menjadi tiga macam yaitu :

KEGIATAN PRODUKSI : suatu perusahaan menghasilkan barang atau hasil produksi sesuai dengan jenis kegiatannya , misalnya perusahaan makanan menghasilkan jenis-jenis makanan yang dikemas dalam kemasan yang menarik.

Di dalam kegiatan produksi diperlukan berbagai sarana, antara lain tempat, tenaga kerja, sarana/alat yang memadai. sehingga kegiatan perusahaan dapat berjalan lancar dan menghasilkan produk yang maksimal.

KEGIATAN DISTRIBUSI ; Barang-barang yang sudah diproduksi dikemas dalam kemasan besar seperti di dalam kardus sesuai jenis barangnya kemudian didistribusikan ke agen, distributor atau ke pasar.

Ada beberapa cara mendistribusikan (memasarkan) barang. Misalnya dari perusahaan mengirim ke grosir, kemudian dari grosir diedarkan ke pengecer. Ada juga dari perusahaan langsung dikirim ke pengecer atau ke pasar/toko.

Kegiatan distribusi barang dipserlukan sarana dan tenaga tersendiri . Tenaga yang menangani pendistribusian barang lazim disebur tenaga pemasaran. Mereka merupakan tenaga-tenaga ahli dan terlatih dalam bidang memasarkan barng-barang hasil produksi suatu perusahaan.

KEGIATAN KONSUMSI; untuk mengenalkan atau memberi tahukan kepada masyarakat atas barang yang diproduksi, maka perusahaan memasang iklan diberbagai media. Setelah masyarkat mengetahui adanya suatu barang yang dijual, selanjutnya bagi yang membutuhkan akan membelinya.

KATA-kata dalam kegiatan ekonomi :

1. Primer : pokok (pertama)

2. sekunder = kedua

3. Produksi = proses mengeluarkan hasil, pembuatan

4. Distribusi = mengedarkan

5. Konsumen = pemakai

6. Grosir = pedagang yang menjual barang dalam jumlah besar

7. Agen = orang atau perusahaan perantara yang mengusahakan penjualan bagi perusahaan lain

atas nama pengusaha.

8. Saham = Surat bukti pemilikan modal perseroan terbatas yang memberikan hak atas deviden

dan lain-lain menurut besar kecilnya modal yang disetor

9. Palawija = tanaman yang biasa ditanam di ladang atau sawah, seperti ;jagung, kacang, kedelai tetapi selain padi

10. Ladang = tanah yang ditanami ubi, jagung, kentang tetapi tidak diairi seperti sawah.





2 komentar:

Asyiknya Belajar IPS mengatakan...

semoga artikel ini bermanfaat

ferdi mengatakan...

mudah-mudahan